Ketahuilah 19 Cara Melembutkan Rambut Kasar Dengan Bahan Alami


Ketahuilah Rambut yang sehat dan indah merupakan salah satu aset berharga bagi seorang perempuan. Dengan rambut yang indah, tentunya seorang wanita akan tampil lebih percaya diri. Maka tidak jarang jika banyak perempuan yang sering melakukan perawatan dengan pergi ke salon untuk merawat dan memperindah rambut mereka. Namun demikian, tak jarang meski telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, terkadang masih muncul permasalahan rambut yang tidak mudah untuk diatasi. Bahkan bisa jadi, permasalahan tersebut justru timbul akibat perawatan salon yang tidak sesuai.

ketahuilah.info - 19 Cara Melembutkan Rambut Kasar Dengan Bahan Alami
ketahuilah.info - 19 Cara Melembutkan Rambut Kasar Dengan Bahan Alami

Rambut kering dan kasar adalah salah satu contoh masalah pada rambut yang umum di jumpai. Kondisi ini terjadi ketika kelembaban rambut berkurang. Hal ini bisa diakibatkan karena kurangnya nutrisi pada rambut maupun karena sering terpapar bahan-bahan atau keadaan yang membuatnya kehilangan kelembaban alaminya.

Maka dari itu, kali ini Ketahuilah.info akan memberikan informasi mengenai cara melembutkan rambut kasar dan kering menggunakan metode alami, selain itu cara alami dengan bahan bahan tradisional ini terbilang cukup aman dan menyehatkan untuk melembutkan rambut dibandingkan menggunakan shampoo atau bahan kima lainnya. Berikut cara melembutkan rambut untuk pria wanita dengan bahan-bahan tradisional alami.

Cara Melembutkan Rambut Kasar Secara Alami

Berikut ini beberapa cara melembutkan rambut yang bisa Sobat dan Sista lakukan sendiri di rumah:

1. Melembutkan Rambut dengan Madu Dan Pisang

Tips cara melembutkan rambut yang pertama dapat dengan menggunakan campuran pisang dan madu. Pisang dan madu dapat memberikan nutrisi tambahan pada rambut yang kurang lembut karena akibat kekurangan asupan nutrisi. Caranya cukup mudah, ambil buah pisang secukupnya, kemudian lumatkan hingga halus. Lalu tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Sebelum anda mengoleskan campuran pisang dan madu tadi ke rambut anda, anda harus keramas terlebih dahulu. Setelah itu Sobat dan Sista dapat membuat campuran pisang dan madu tersebut sebagai masker untuk rambut anda dan diamkan selama 20 menit. Kemudian bilaslah menggunakan air hingga benar-benar bersih. Dengan cara ini rambut Sobat dan Sista akan lebih lembut dan berkilau dari sebelumnya. 

2. Menggunakan Lidah Buaya

Tips Cara melembutkan rambut yang kedua adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya terkenal akan khasiatnya untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut. Salah satu khasiat lidah buaya adalah dapat melembutkan rambut secara alami. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya memang bermanfaat untuk rambut. Caranya adalah dengan mengambil lidah buaya, kemudian kupas dan ambil daging lidah buaya yang seperti gel. Letakkan gel tersebut dalam sebuah wadah kemudian lumatkan, anda dapat menambahkannya sedikit air. Gunakanlah gel lidah buaya tersebut sebagai masker untuk rambut. Oleskan secara menyeluruh pada rambut, kemudian diamkan selama 30 menit. Kemudian bilaslah menggunakan air hingga benar-benar bersih. Penggunaan cara ini secara teratur dapat membuat rambut anda semakin lembut karena kandungan enzim pada lidah buaya tersebut.

3. Melembutkan Rambut dengan Alpukat

Tips Cara melembutkan rambut berikut ini tidak kalah ampuhnya yaitu dengan menggunakan buah alpukat. Selain bermanfaat untuk melembutkan rambut, buah alpukat juga akan membuat rambut lebih harum. Cara alami melembutkan rambut dengan buah alpukat adalah dengan mengambil satu buah alpukat yang sudah matang berukuran sedang, kemudian lumatkan buah alpukat tersebut hingga halus. Langkah Selanjutnya setelah buah alpukat tersebut lumat gunakan alpukat tersebut sebagai masker rambut. Diamkan masker alpukat tersebut selama 1 jam. Kemudian bilaslah rambut dengan air hingga bersih. Gunakan perawatan ini seminggu sekali supaya dapat maksimal dan membuat rambut menjadi lebih lembut.

4. Melembutkan Rambut dengan Air Jeruk Nipis Atau Lemon

Jeruk nipis dan lemon merupakan bahan alami yang dapat bermanfaat untuk melembutkan rambut. Hal tersebut karena kandungan dari jeruk nipis dan lemon yang merupakan buah yang paling banyak mengandung vitamin C. Manfaat dari vitamin C sangat bagus untuk keindahan dan kesehatan rambut. Selain membuat lembut, jeruk nipis dan lemon juga memiliki manfaat dapat menjadikan rambut lebih berkilau. Caranya yaitu gunakan air perasan jeruk nipis atau lemon dengan ditambahkan pada air yang akan di gunakan untuk keramas.

5. Melembutkan Rambut dengan Pisang

Buah pisang bermanfaat untuk melembutkan rambut kasar secara alami, buah ini sangat mudah sekali didapat, sehingga siapa saja bisa menggunakannya untuk melakukan perawatan rambut. Buah pisang memiliki manfaat dapat untuk menjaga kelembaban, merawat rambut dari kerusakan, mencegah rambut kusam, serta mengatasi ketombe di kulit kepala.

Cara menggunakan pisang untuk perawatan rambut :

  • Sediakan 1 buah pisang, kemudian haluskan dengan blender.
  • Aplikasikan adonan pisang ini menyeluruh pada setiap bagian rambut.
  • Biarkan selama 10 – 15 menit.
  • Bersihkan dengan air bersih sampai bersih.
  • Untuk hasil lebih baik, dapat ditambahkan 3-5 sendok makan madu murni dalam adonan pisang.

6. Melembutkan Rambut dengan Minyak Jarak

Banyak yang menggunakan minyak jarak untuk mendapatkan rambut lembut, bahkan minyak jarak dapat juga membuat rambut menjadi hitam dan tebal.  Hal tersebut karena minyak jarak memiliki kandungan asam risinolat yang tinggi menjadikannya berkhasiat sebagai anti bakteri dan anti jamur, sehingga  bisa menjaga kebersihan akar rambut.

Selain asam risiolat kandungan minyak jarak yang lain adalah omega 3 dan asam lemak yang baik untuk sumber nutrisi folikel rambut sehingga dapat menguatkan rambut dan mencegah dari kerontokan. Selain dari itu, jika perawatan minyak jarak ini dilakukan secara rutin, maka rambut akan menjadi semakin kuat, lembut dan mudah diatur.

Berikut ini panduan cara mengaplikasikannya:

  • Pertama-tama silahkan hangatkan 100 ml minyak jarak.
  • Setelah hangat kemudian aplikasikan ke seluruh bagian kepala, sembari melakukan pijatan-pijatan ringan ke kulit kepala.
  • Selanjutnya rapikan rambut, kemudian bungkus menggunakan handuk atau kain hangat.
  • Diamkan selama 30 menit.
  • Cuci rambut dengan shampo dan bilas hingga bersih.

7. Melembutkan Rambut dengan Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bahwa berkhasiat untuk kecantikan kulit, dan wajah. Ternyata minyak yang asal mulanya dari negri Arab ini juga bermanfaat untuk melembutkan rambut secara alami. Kandungan mineral dan vitamin E di dalamnya cukup tinggi sehingga dapat membuat rambut menjadi lembut dan halus.

Minyak zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut sehingga mencegahnya dari kekeringan. Minyak zaitun juga berkhasiat mencegah kerusakan rambut serta dapat menghaluskannya. Sehingga sangat baik bagi Sobat dan Sista yang sering beraktivitas diluar ruangan, dimana rambut sering terpapar cahaya matahari secara langsung.

Cara mengaplikasikannya minyak zaitun pada rambut :

  • Gunakanlah minyak zaitun ke seluruh permukaan rambut dari pangkal hingga ujung.
  • Kemudian diamkan rambut selama 10 menit.
  • Selanjutnya cuci rambut menggunakan sampo hingga bersih.
  • Untuk hasil terbaik gunakan tips ini secara teratur seminggu sekali.

8. Melembutkan Rambut dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa di percaya dapat di gunakan untuk melembutkan rambut secara alami. Minyak ini juga berkhasiat dapat menjaga kelembaban dan melembutkan rambut. Minyak kelapa sendiri mengandung  banyak nutrisi yang dibutuhkan rambut diantaranya vitamin E dan K, asam laurat, lemak esensial, asam kaprat, dan antimikroba tertentu. Sedangkan manfaat lainnya dari minyak kelapa bagi rambut yakni mengatasi ketombe, mencegah rambut rontok, kering, bercabang serta menguatkan folikel rambut.

Bagaimana cara melembutkan rambut menggunakan minyak kelapa? Berikut ini caranya:

  • Pertama, usapkan minyak kelapa dari pangkal hingga ke ujung rambut
  • Pijat perlahan dan tunggu selama 10-15 menit
  • Bilas rambut menggunakan air dan sampo hingga bersih

9. Melembutkan Rambut dengan Kemiri

Selain memiliki manfaat dapat menghitamkan rambut secara alami, kemiri juga memiliki khasiat dapat untuk melembutkan rambut. Kemiri sudah digunakan sejak dulu kala untuk bermacam-macam keperluan perawatan rambut agar sehat dan indah. Diantara manfaat kemiri bagi rambut adalah berkhasiat dapat menghitamkan, menebalkan, serta menjaga kelembapan rambut.

Berikut ini cara melembutkan rambut dengan minyak kemiri:

  • Pertama-tama oleskan minyak kemiri ke seluruh bagian rambut,
  • Sembari mengoleskan dapat di lakukan pijatan perlahan hingga kulit kepala,
  • Biarkan selama 15 menit,
  • Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

10. Melembutkan Rambut dengan Santan Kelapa

Selain minyak kelapa, Sobat dan Sista dapat menggunakan santan kelapa, santan kelapa mengandung protein yang dapat membuat rambut menjadi lembut serta dapat memperbaiki rambut yang rusak dan bercabang. Untuk yang mempunyai rambut mengembang dan ikal, melakukan perawatan alami dengan santan kelapa juga membuat rambut menjadi mudah diatur.

Berikut ini cara melakukan perawatan rambut menggunakan santan kelapa :

  • Pertamatama silahkan basahi rambut dengan santan kelapa
  • Pijat-pijat rambut hingga santan kelapa merata sampai ke akar rambut
  • Biarkan santan kelapa pada rambut selama 20 menit
  • Lalu bersihkan rambut dengan keramas sampai bersih 

11. Melembutkan Rambut dengan Seledri

Seledri umumnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, ternyata dapat juga digunakan untuk berbagai keperluan kesehatan dan kecantikan, salah satu manfaat lainnya adalah untuk melembutkan rambut secara alami. Kandungan mineral, antioksidan, protein, zat anti mikroba serta vitamin yang terdapat pada seledri sangat bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan rambut.

Selain untuk melembutkan rambut, daun seledri juga memiliki khasiat untuk menghitamkan rambut secara alami, menyuburkan rambut, mengatasi ketombe, menghaluskan rambut, sehingga membuat rambut indah dan sehat. Berikut ini cara mengaplikasikan seledri untuk melembutkan rambut kasar secara alami:

  • Pertama-tama sediakan sekitar 100 gram seledri yang telah di cuci bersih.
  • Selanjutnya rebuslah seledri dengan air sampai seluruh bagian daunnya tenggelam.
  • Langkah selanjutnya saring ampas daun sehingga terpisah dari air rebusan.
  • Biarkan hingga dingin kemudian tambahkan satu sendok makan cuka.
  • Aplikasikan air rebusan seledri tersebut ke seluruh bagian rambut.
  • Diamkan beberapa menit sampai rambut mengering dengan sendirinya.
  • Selanjutnya cucilah rambut menggunakan air hingga bersih.

12. Melembutkan Rambut dengan Yoghurt dan Telur

Cara melembutkan rambut selanjutnya adalah dengan menggunakan yogurt dan telur. Kandungan pada yogurt terdapat kandungan vitamin B kompleks, protein, asam laktat, zinc, serta bakteri-bakteri probiotik yang bermanfaat bagi tubuh. Untuk telur memiliki kandungan protein tinggi. Kombinasi keduanya akan menghasilkan manfaat untuk mengatasi rambut bercabang dan kerusakan rambut lainnya serta dapat menjaga kelembaban rambut.

Cara mengaplikasikan Yoghurt dan Telur untuk melembutkan rambut kasar :

  • Pertama-tama siapkan 6 sendok yogurt ke dalam wadah kemudian tambahkan satu butir telur ayam ke dalamnya lalu aduk-aduk hingga rata.
  • Selanjutnya oleskan adonan tersebut ke seluruh permukaan rambut.
  • Kemudian Bungkus rambut dengan handuk dan tunggu sekitar 15 menit.
  • Terakhir bilas rambut menggunakan air hangat hingga bersih.

13. Melembutkan Rambut dengan Mayonaise

Mayonaise yang biasanya ditambahkan untuk makanan ini ternyata dapat juga bermanfaat untuk melembutkan rambut secara alami. Masker dari mayonaise bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut, melindungi dari paparan cahaya matahari atau bahan kimia, menjaga stabilnya keseimbangan pH rambut, serta merawat kerusakan rambut.

Cara mengaplikasikan Mayonaise yaitu :

  • Gunakan mayonaise sehabis keramas, usap-usapkan pada seluruh bagian rambut.
  • Selanjutnya bungkus rambut menggunakan shower cap atau handuk sekitar 30-60 menit.
  • Terakhir, bilaslah kembali rambut dengan sampo hingga bersih, lebih baik dengan menggunakan sampo yang ringan seperti sampo bayi atau herbal.

14. Melembutkan Rambut dengan Cuka dan Minyak gandum

Cara melembutkan rambut selanjutnya dengan bahan alami yaitu dengan menggunakan cuka dan minyak gandum. Dengan cara ini rambut Sobat dan Sista akan lebih lembab dan halus.

Caranya mengaplikasikan Cuka dan Minyak gandum untuk melembutkan rambut yang kasar :

  • Pertama-tama sediakan 100 ml cuka apel kemudian tambahkan dengan satu sendok makan minyak gandum.
  • Bersihkan Rambut atau keramaslah terlebih dahulu.
  • Oles-oleskan adonan cuka dan minyak gandum ke seluruh permukaan rambut selagi basah.
  • Diamkan kurang lebih selama 15 menit agar meresap.
  • Setelah itu cuci kembali rambut sampai bersih.

15. Melembutkan Rambut dengan Daun mangkok

Kandungan daun mangkok sangat baik dalam menjaga kesehatan rambut, kandungan yang terdapat pada daun mangkok seperti vitamin A, C, dan B1 sangat bagus untuk memberikan asupan nutrisi pada rambut.

Cara membuat masker rambut untuk melembutkan rambut kasar dari bahan alami yang terdapat pada daun mangkok yaitu:

  • Pertama-tama sediakan 10 sampai 15 lembar daun mangkok yang telah dihaluskan.
  • Setelah itu gunakan pada seluruh bagian rambut sembari memberikan pijatan ringan di kepala.
  • Biarkan selama 15 menit.
  • Terakhir bersihkan rambut sampai bersih menggunakan shampo.

16. Melembutkan Rambut dengan Minyak nabati

Sobat dan Sista juga dapat menggunakan berbagai minyak nabati lainnya selain minyak kelapa untuk melembutkan rambut. Sobat dan Sista bisa mengaplikasikan minyak almond seminggu sekali ke rambut kasar agar memperoleh rambut yang halus. Lakukan juga pijatan-pijatan ringan pada kulit kepala selama mengaplikasikan minyak tersebut.

17. Perhatikan Cara mengeringkan rambut yang benar

Cara mengeringkan rambut yang paling baik adalah setelah rambut basah atau setelah keramas yakni dengan cara mengangin-anginkan rambut hingga kering dengan sendirinya. Akan tetapi terkadang kita tergesa-gesa karena tidak memiliki banyak waktu sehingga harus mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Jika memang terpaksa dilakukan demikian, maka meminimalkan kerusakan rambut dari penggunaan hair dryer adalah dengan menggunakannya secara aman, yakni dengan menggunakannya bersamaan dengan sisir yang bulat dan renggang, atau dapat juga menyisir rambut dengan jari terlebih dahulu.

18. Perhatikan Makanan yang dikonsumsi

Selain dengan berbagai cara di atas, untuk melembutkan rambut dan terhindar dari rambut kasar adalah sebaiknya memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi, rambut juga membutuhkan nutrisi untuk meregenerasi sel dan memperbaiki jaringan yang rusak. Nutrisi utuk rambut meliputi  protein, omega-3, zat besi, vitamin e, D biotin dsb. Asupan makan yang baik untuk rambut bisa berasal dari ikan salmon dan kacang-kacangan.

19. Hindari bahan kimia dan panas terik yang berlebihan

Tips melembutkan rambut yang terakhir adalah dengan menjaga rambut agar tidak terkena bahan-bahan kimia berbahaya dan panas terik terus menerus. Sebisa mungkin kurangilah penggunaan pewarna, pelurus atau pengeriting rambut, dan blow dry. Bahan kimia yang berasal dari pewarna rambut ataupun semprotan udara panas dari alat pengering rambut  dapat membuat rambut menjadi kasar, kering, dan bahkan rusak.

Demikianlah kiat-kiat mengenai cara melembutkan rambut kasar dengan bahan alami yang bisa Ketahuilah informasikan. Tidak ada salahnya bagi yang mau mencoba cara-cara alami diatas karena relatif aman dari pada menggunakan bahan kimia untuk melembutkan rambut dan mengatasi rambut kasar. Karena selain tidak menimbulkan efek samping, perawatan secara alami ini juga tidak menuntutmu merogoh kantong lebih dalam untuk memperoleh rambut yang lembut. Sehingga sangat pas bagi Sobat dan Sista yang ingin tetap tampil cantik namun tetap berhemat.

BERBAGI ITU INDAH

get special recipe how to cook a delicious meal

ads

ARTIKEL TERKAIT


Previous
Next Post »