Obat Tri X : Fungsi Obat | Kegunaanya | Efek Samping - Ketahuilah Info


Ketahuilah Info - Obat Tri X atau Trihex nama lengkapnya triheksifenidil (trihexyphenidyl) atau sering di singkat lagi dengan nama THP atau orang medis sering menyebutnya obat gila, obat ini untuk mengatasi gejala parkinson dan juga di gunakan untuk mengurangi efek samping obat antipsikotik pada pasien gangguan jiwa atau skizofrenia, sehingga penggunaannya harus dengan resep dokter.

ketahuilah.info - Ilustrasi Obat Tri X
ketahuilah.info - Ilustrasi Obat Tri X

Obat Tri X atau Trihexyphenidyl juga sering digunakan untuk mengatasi gangguan gerakan yang tidak normal dan tidak terkendali akibat penyakit Parkinson atau efek samping obat. Contoh obat yang berpotensi memberikan efek samping pada masalah pergerakan adalah obat untuk psikosis, masalah kejiwaan atau emosional, mual, dan perasaan gelisah.

Gangguan gerakan ini termasuk kondisi-kondisi seperti tremor, gerakan wajah, dan gerakan tubuh yang tidak terkendali. Gejala-gejala ini juga sering disebut sebagai ‘efek samping extrapyramidal’.

Obat Tri X atau Trihexyphenidyl bermanfaat untuk meningkatkan kendali otot dan mengurangi kekakuan. Saat gejala berkurang, obat Tri X ini akan membuat gerakan tubuh menjadi lebih normal. Obat Tri X atau Trihexyphenidyl bisa digunakan sendiri atau bersama levodopa untuk mengobati penyakit Parkinson.

Tentang Obat Tri X

Termasuk Jenis Obat : Antimuskarinik

Antimuskarinik (sebelumnya disebut antikolinergik) mengurangi motilitas usus. Kelompok obat ini di gunakan untuk penatalaksanaan Irritable Bowel Syndrome dan penyakit divertikular. Namun, efektifitasnya belum diketahui dengan pasti dan responsnya bervariasi. Indikasi lain untuk obat antimuskarinik meliputi aritmia, asma dan penyakit saluran pernafasan, motion sickness, parkinsonisme, inkontinensi urin, midriasis dan siklopegia, premedikasi, dan sebagai antidot keracunan organofosfor.

Golongan

Obat yang sebaiknya di konsumsi dengan resep dokter

Manfaat

  • Mengobati ‘efek samping extrapyramidal’ yang tidak diinginkan akibat dari penggunaan obat tertentu
  • Mengobati penyakit Parkinson

Dikonsumsi oleh

Dewasa ( 18-75 th )

Bentuk

Tablet dan Cairan yang diminum

Penggunaan Obat Tri X (trihexyphenidyl) membutuhkan resep dokter. Pastikan untuk mengikuti resep dan petunjuk yang di sarankan oleh dokter menurut kondisi kesehatan Anda.

Peringatan

  • Bagi wanita hamil, menyusui, atau yang mencoba memiliki anak disarankan untuk tidak mengonsumsi Obat Tri X / Trihexyphenidyl.
  • Harap berhati-hati bagi penderita  gangguan ginjal, gangguan hati, psikosis, tekanan darah tinggi, glaukoma, myasthenia gravis, prostat, konstipasi, gangguan jantung, atau pembuluh darah.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau gejala overdosis, segera temui dokter.

Dosis Trihexyphenidyl / Obat Tri X

Dosis trihexyphenidyl untuk penyakit Parkinson adalah 6-10 mg per hari dan bisa di tingkatkan sesuai kondisi pasien oleh dokter. Namun biasanya dosis per hari tidak lebih dari 15 mg. Sedangkan dosis untuk mengobati efek samping yang diakibatkan oleh pengobatan lain adalah 5-15 mg per hari.

Perhatian untuk semua awal konsumsi trihexyphenidyl, 1 mg diberikan untuk hari pertama, 2 mg untuk hari ke dua, dan ditingkatkan sebanyak 2 mg untuk 3-5 hari berikutnya hingga dosis yang ideal dicapai.

Mengonsumsi Trihexyphenidyl / Obat Tri X dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan trihexyphenidyl sebelum menggunakannya.

Trihexyphenidyl atau Obat Tri X dapat dikonsumsi pada saat atau setelah makan, dan usahakan mengonsumsinya di waktu yang sama tiap hari agar tidak lupa.

Bagi yang tidak sengaja melewatkan jadwal meminum obat Tri X / Trihexyphenidyl, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat. Namun jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis trihexyphenidyl yang di minum berikutnya.

Pastikan Anda memeriksakan diri ke dokter secara teratur selama mengonsumsi obat Tri X (trihexyphenidyl) agar dokter dapat memonitor perkembangan kondisi Anda.

Hindari mengkonsumsi minuman keras saat sedang menggunakan trihexyphenidyl karena berpotensi meningkatkan risiko efek samping seperti membuat Anda mengantuk.

Jangan berhenti mengonsumsi Obat Tri X (Trihexyphenidyl) secara mendadak dan tanpa anjuran dokter karena bisa menyebabkan masalah.

Beberapa obat pencegah alergi dan pereda nyeri yang kuat bisa bertentangan dengan trihexyphenidyl dan meningkatkan risiko efek sampingnya.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Obat Tri X

Semua obat berpotensi menyebabkan efek samping, termasuk Obat Tri X (Trihexyphenidyl). Namun gejala yang timbul akibat efek samping umumnya membaik setelah tubuh menyesuaikan diri. Yang terpenting, beri tahu dokter jika Anda bermasalah dengan obat yang dikonsumsi. Beberapa efek samping yang umum terjadi antara lain:
  • Mulut kering
  • Pusing
  • Sulit buang air kecil
  • Konstipasi
  • Pandangan buram
  • Mual

JIKA INFORMASI OBAT TRI X INI BERGUNA, BAGIKAN KE TEMAN – TEMAN ANDA
- KETAHUILAH INFO - 

BERBAGI ITU INDAH

get special recipe how to cook a delicious meal

ads

ARTIKEL TERKAIT


Previous
Next Post »